Selasa, 08 Agustus 2017

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya! Tenggorokan gatal dapat diartikan sebagai sensasi gatal yang meresahkan di tenggorokan yang biasanya terjadi sebagai salah satu tanda-tanda dari jerawat jalan masuk pernapasan atas dan faringitis (radang tenggorokan). Gatal pada tenggorokan biasanya sembuh dalam beberapa hari dengan perawatan suportif di rumah. 

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!
 
Gatal pada Tenggorokan ialah gejala yang biasanya disertai dengan beberapa gejala lain menyerupai demam , nyeri di tenggorokan , kesulitan menelan , nyeri dikala menelan , batuk , dan lain-lain. Tenggorokan gatal sering kali terjadi pada radang tenggorokan , jerawat jalan masuk pernapasan atas dan alergi.
Mengetahui penyebab tenggorokan gatal akan memudahkan kita untuk mengatasinya dan dapat menuntun dokter untuk memilihkan obat tenggorokan gatal yang tepat.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Anda perlu untuk mengetahui asal seruan atau penyebab terjadinya sakit tenggorokan gatal , alasannya yakni itu mampu membantu Anda untuk menentukan apa yang harus dilakukan berikutnya. Namun , jikalau tidak pasti , Anda mampu mencoba berkonsultasi dengan dokter seorang andal THT (Telinga Hidung Tenggorokan).
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa gatal di tenggorokan yakni gejala yang dapat disebabkan oleh banyak sekali penyakit. Beberapa penyebab yang sering menyebabkan tenggorokan gatal antara lain:
  • Alergi
Alergi terhadap makanan tertelan atau minuman atau partikel yang terhirup juga merupakan penyebab tenggorokan gatal yang tak kalah sering. Tenggorokan gatal karena alergi biasanya mudah dibedakan dari penyebab lainnya , yaitu memiliki ciri khas gejala muncul ketika terpepar dengan zat yang menyebabkan alergi (alergen). Gejalanya dapat berlanjut lebih lama dan lebih sering disertai dengan gejala lain menyerupai sesak napas , hidung meler , mata berair , dan lain-lain.
  • Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk menyerupai terlalu sering minum soda , teh , kopi dapat menyebabkan dehidrasi yang kemudian dapat menimbulkan gatal pada tenggorokan. Obat-obatan antidepresan dan banyak sekali jenis narkoba juga dapat menyebabkan dehidrasi sekaligus iritasi pada tenggorokan. Iritasi dan tenggorokan gatal berisiko dialami juga oleh para perokok karena rokok bersifat mengeringkan tenggorokan. Segera hentikan semua kebiasaan buruk ini.
  • Iritasi
Iritasi oleh zat kimia (bahan kimia industri , dll) dan polusi udara dapat menyebabkan iritasi lokal dan menimbulkan gatal di tenggorokan. Asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif ) juga dapat mengalami iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan gatal.
  • Infeksi
Infeksi yakni salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Terutama jerawat jalan masuk pernapasan atas. Gejala lain juga dapat terjadi bersamaan menyerupai sakit tenggorokan atau faringitis. Tenggorokan gatal mampu disebabkan oleh jerawat basil , virus dan jamur. Infeksi basil (radang tenggorokan , dll) dan jerawat virus (pilek , flu , dll) dapat terjadi pada orang sehat , namun , jerawat jamur biasanya terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah misalnya pada orang dengan AIDS , kemoterapi anti-kanker , penggunaan steroid berkepanjangan , diabetes mellitus , akseptor transplantasi organ , dan lain-lain.
  • Tarik suara
Ketegangan yang berlebihan pada laring (pita suara) dapat terjadi karena berteriak atau bernyanyi berkepanjangan karena bekerja didunia tarik suara. Hal ini juga mampu menjadi penyebab tenggorokan gatal.
Pada penyakit ini terjadi refluk atau asam lambung yang naik ke asa hingga tenggorokan menyebabkan rasa panas di dada heartburns dan leher , adakala juga dapat menyebabkan tenggorokan gatal karena refluks asam hingga ke tenggorokan.
Penyebab lainnya Ada banyak kondisi lain yang dapat menimbulkan gatal di tenggorokan. Namun , ini yakni penyebab yang cukup langka. Contohnya: Pneumonia , Bronchitis , sindrom Sjögren , tumor ganas di tenggorokan , syok pada tenggorokan , muntah , dan lain-lain.

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Cara Mudah Mengatasi Tenggorokan Gatal

Banyak orang mengalami sakit atau gatal pada tenggorokan selama trend alergi atau karena flu. Untungnya , ada banyak sekali metode yang mampu dilakukan , alami maupun pengobatan medis , untuk meringankan gejala tenggorokan gatal dengan cepat dan efektif.  Berikut diantaranya:

1. Minum madu , diketahui madu terbukti efektif menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu yang dikonsumsi bersama dengan teh jahe mampu lebih membantu.

2. Permen pelega tenggorokan , mengonsumsi permen mampu membantu mengeluarkan air liur sehingga mengurangi kekeringan serta gatal yang muncul di tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam , buatlah air hangat yang ditambahi sedikit garam lalu berkumur-kumur sebelum tidur.

4. Jika sedang trend masbodoh cobalah menggunakan pelembab udara , karena jikalau lingkungan kurang lembab mampu memicu gatal di tenggorokan.
Cara lain dalam menaklukkan tenggorokan gatal yakni dengan menggunakan obat-obatan.

Tenggorokan Gatal - Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya. Share ya!

Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan yakni menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

Permen pelega tenggorokan
Produksi air liur ketika Anda mengisap permen pelega tenggorokan akan membuat tenggorokan lebih berair dan mengurangi rasa gatal. Permen pelega tenggorokan juga membantu mengurangi rasa sakit.

Cengkeh
Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu materi herbal yang baik untuk megobati sakit tenggorokan. Cara Membuatnya cukup mudah. Siapkan serbuk cengkih sebanyak 1-2 sendok teh dan setengah gelas air matang. Campurkan cengkih dan air ,pergunakan campuran serbuk cengkeh dan air tersebut untuk berkumur. Cengkih mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa berjulukan allicin yang merupakan distributor pembunuh bakteri. Kaprikornus cobalah mengunyah bawang putih biar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi tenggorokan gatal.

Dekongestan
Saat hidung tersumbat , Anda cenderung bernapas melalui lisan sehingga berisiko mengalami tenggorokan kering. Tenggorokan kering bersamaan dengan kondisi post nasal drip (sensasi lendir berlebihan di belakang hidung) dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Pseudoephedrine yakni salah satu kandungan dalam obat dekongestan yang dapat membantu Anda kembali bernapas normal karena dapat membersihkan hidung tersumbat. Dengan kata lain , obat dekongestan dapat membantu meringankan tenggorokan gatal.

Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang mampu digunakan untuk mengobati tenggorokan gatal. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis , lalu dibuat jus dan diminum.

Obat kumur
Obat kumur yang mengandung mentol dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal. Berkumur-kumurlah beberapa kali tiap hari.

Antihistamin dan analgesik
Obat-obatan antihistamin dapat membantu meredakan tenggorokan gatal. Obat-obatan analgesik , menyerupai ibuprofen dan aspirin , juga dapat membantu meredakan nyeri yang terkait dengan kondisi tenggorokan gatal. Apabila Anda ingin menggunakannya , ikuti petunjuk dosis yang sempurna untuk remaja atau anak-anak.

Teh jahe
Anda mampu menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu , campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.
Jika tenggorokan gatal yang dialami disertai dengan kesulitan bernapas , ruam yang muncul bersama dengan gatal maka sebaiknya segera cari santunan medis karena ada kemungkinan tanda-tanda reaksi alergi anafilaksis yang mampu mengancam jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar