Minggu, 30 Juli 2017

Penyakit Nodul Pita Suara : Gejala Penyebab Pengobatan & Askep Lengkap Dengan PDF

Mengalami perubahan suara? Hati-hati nodul pita suara! Penyalahgunaan bunyi (vocal abuse) menjadi penyebab tersering nodul pita suara. Strategi penanganan secara konservatif; terapi wicara merupakan terapi paling utama.

Penyakit Nodul Pita Suara : Gejala  , Penyebab  , Pengobatan & Askep Lengkap Dengan PDF

Disfonia merupakan istilah umum untuk setiap gangguan bunyi yang disebabkan kelainan pada organ-organ fonasi , terutama laring , baik yang bersifat organik maupun fungsional. Disfonia bukan penyakit , tetapi merupakan gejala penyakit atau kelainan laring. Berikut ini akan dibahas salah satu penyebab disfonia tersering , yaitu nodul pita suara. Silahkan unduh Pdf Nodul Pita Suara lengkap.

Definisi

Nodul pita bunyi atau “Singer’s Nodes” , “Screamer’s Nodes” , "Teacher’s Nodes" atau “Vocal Nodule“ ialah pembengkakan pita bunyi bilateral dengan ukuran bervariasi yang ditemukan pada episode tengah membran pita suara. Nodul ini memiliki karakteristik berupa penebalan epitel dengan tingkatan reaksi infl amasi berbeda pada lapisan superfi sial lamina propia.3 Kelainan ini sering juga disebut dengan “singer’s nodes” , “screamer’s nodes” atau “teacher’s nodes”.

Penyebab

Nodul pita bunyi umumnya terjadi karena penyalahgunaan bunyi (vocal abuse). Pada awalnya terdapat edema dan vasodilatasi (diatesis prenodular) pada pita bunyi , sehingga mengakibatkan penambahan massa namun tidak terlalu memengaruhi ketegangan pita suara. Vocal abuse menjelaskan perlakuan bunyi (vocal behaviour) yang bekerjasama dengan kualitas bunyi normal yang seringkali mengakibatkan keganjilan pita bunyi dan menghasilkan disfonia.

Gejala

Ciri-ciri yang dapat ditemukan pada penderita nodul pita suara5 ,6:
  • Suara terdengar bergairah , serak dan pecah 
  • Menghilangnya kemampuan bernyanyi nada tinggi dengan halus 
  • Menurunnya kemampuan modulasi suara 
  • Meningkatnya pengeluaran udara ketika berbicara (breathiness) dan bunyi parau 
  • Pada ketika bernyanyi terasa menyerupai memaksa 
  • Pemanasan bunyi yang lebih lama 
  • Peningkatan tegangan otot leher dan duduk perkara tenggorokan.

Obat Nodul Pita Suara

Terapi Medis

Penanganan berfokus pada lubrikasi laring yang baik melalui hidrasi dan mengobati penyebab lain menyerupai alergi dan refl uks asam lambung (GERD). Hidrasi yang adekuat dapat membantu mukosa pita bunyi menahan kekuatan dan tenaga paksaan getaran.
Baca juga: Masalah Bau Mulut

Terapi Wicara

Terapi behavioral ini diberikan pada sebagian besar nodul pita bunyi karena behavior dan pada pasien yang mengalami gangguan bunyi karena infeksi terusan pernapasan atas. Terapi ini sebaiknya menjadi pengobatan lini pertama , terutama pada anak dan dewasa.

Dokumentasi foto nodul di klinik bunyi (voice clinic) dapat digunakan untuk menilai kemajuan pengobatan dan kepatuhan pasien selama terapi wicara.

Sesi terapi dilakukan oleh jago terapi wicara pada pasien dengan kelainan mukosa pita bunyi jinak , menyerupai nodul pita bunyi , yang sering disebabkan penggunaan vokal yang berlebihan.

Nodul ini dibutuhkan dapat menghilang , mengecil atau setidaknya stabil dalam regimen peningkatan vocal hygiene dan produksi bunyi yang optimal.

Terapi dinyatakan berhasil bila pasien mencapai bunyi yang dalam dan berat (husky voice) tanpa episode bunyi serak yang parah atau afonia sebelumnya dan resolusi limitasi bunyi secara komplit.

Operasi dapat menjadi pilihan ketika nodul belum menghilang sepenuhnya , pasien mengalami gejala residual , dan limitasi vokal yang tidak dapat diterima oleh pasien. Terapi wicara juga dapat memaksimalkan hasil operasi dengan mengurangi risiko rekurensi pascaoperasi.

Terapi Operatif

Pengangkatan nodul dengan cara operasi menjadi pilihan bila nodul tersebut menetap meskipun sudah mengecil dan pasien mencicipi suaranya tetap tidak membaik setelah terapi yang adekuat (umumnya minimum 3 bulan). Beberapa penulis memilih menggunakan teknik microdissection. Vocal fold stripping tidak termasuk dalam operasi nodul.

Kesimpulan

Nodul pita bunyi merupakan penyebab tersering disfonia menetap pada anak. Hal ini juga merupakan penyebab perubahan kualitas bunyi individu yang sering menggunakan suaranya secara profesional. Nodul pita bunyi ialah pembengkakan pita bunyi bilateral dengan ukuran bervariasi yang ditemukan di episode tengah membran pita bunyi , umumnya terjadi karena penyalahgunaan bunyi (vocal abuse).

Jenis tumor pita bunyi non-neoplastik yang sering dijumpai dan perlu dibedakan dari nodul pita bunyi ialah Reinke’s edema , polip pita bunyi , kista pita bunyi , laringeal papiloma , dan contact granuloma.

Strategi penanganan nodul pita bunyi dilakukan secara konservatif; terapi wicara merupakan terapi paling utama. Lebih lengkapnya silahkan unduh file pdf diawal tadi. Terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar