Minggu, 30 Juli 2017

12 Pola Hidup Sehat Adalah Jaminan Keluarga Bahagia Lahir Batin

Pola hidup sehat - Pepatah lama bilang "Siapa yang menanam , ia yang memakan". Berawal dari ungkapan simple namun bagus tersebut , kajian kali ini penulis akan menjabarkan seberapa penting 'menanam' teladan hidup sehat untuk diri sendiri , keluarga dan lingkungan.

Keseharian yang buruk tanpa adanya kontrol yang baik pada diri sendiri merupakan faktor utama menurunnya kebahagian dan kesejahteraan hidup kita.

12 Pola Hidup Sehat  , Adalah Jaminan Keluarga Bahagia Lahir Batin

Ini sangat terang , saat seseorang berpola hidup asal-asalan , males dll , maka tidak heran ia akan 'memakan' hasil malesnya sendiri.

Bahkan gue rasa dampaknya tidak bukan hanya keburukan pribadi , tapi orang sekitarnya pun akan terkena imbasnya. Lalu bagaimana cara untuk menata hidup supaya selalu sehat alias tidak mudah tertular penyakit? Berikut jawabannya...

A. Pola Hidup Sehat Lahir

1. Cek kesehatan.
Sebelum memperbaiki rumah , tentu harus tau dulu dong apa kerusakannya. Begitupun tubuh kita , sebaiknya rajin-rajinlah periksa kondisi kesehatan Anda ke ahlinya.

2. Monitor acara fisik Anda.
Apakah kita rutin berolahraga? Atau apakah acara kita sehari-hari didominasi dengan duduk mengetik di komputer sepanjang hari dan kurang bergerak aktif? Para jago medis merekomendasikan supaya kita berolahraga dengan durasi total minimal 75 menit tiap ahad dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot setidaknya dua hari dalam sepekan. Pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai acara fisik yang menyehatkan.

Orang yang rajin berolahraga dapat memiliki daya tahan tubuh yang tambah baik. disamping itu olahraga juga mempunyai banyak faedah yang lain antaralain membuat lancar anutan darah ke beberapa sel otak , metabolisme serta pergantian beberapa sel tubuh berlangsung lebih cepat hingga bikin infinit muda , olahraga teratur serta teratur amat pas melindungi tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit , serta menambah rasa yakin diri.

3. Data makanan yang dikonsumsi.
Jika memiliki duduk perkara berat tubuh atau kebiasaan teladan makan tidak sehat , maka kita mungkin perlu mencatat semua makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari. Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan diri dan mungkin sebagai pengingat untuk menguranginya demi menjaga tubuh lebih sehat dan ideal.

4. Konsumsi asupan halal dan baik.
Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman keras (wajib berhenti) , terutama kalau Anda berisiko atau mengidap penyakit diabetes , depresi , artritis , sakit jantung , paru-paru , kanker empedu , tumor ganas dan penyakit mematikan lainnya.

Ganti kata-kata “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengonsumsi makanan sehat ibarat sayur dan buah secara teratur. Hal ini merefleksikan kesadaran untuk hidup sehat alasannya yaitu mengetahui manfaat dan risiko kalau tidak menerapkan gaya hidup ini. Bukan terpaksa atau sekadar ikut tren. Mengolah makanan Anda sendiri dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan santapan.

5. Pola istirahat teratur.
Istirahat cukup yaitu kunci menerima tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan berdiri di waktu yang sama. Mandi air hangat , membaca buku , atau mendengarkan musik dapat menjadi acara menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

6. Bangun sempurna waktu.
hasil daripada keputusan para pakar medis diantaranya yaitu selain istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan sekali berdiri pada pagi hari 2 atau 3 jam sebelum matahari terbit. Dengan hal ini , Metabolisme tubuh akan sangat merespon terhadap makanan yang kalau tubuh telah berdiri sebelum matahari terbit.

7. Hindari dehidrasi.
Amat dianjurkan untuk konsumsi antara 10-18 gelas air dalam setiap hari. Dehidrasi sangatlah kuat pada liputan aneka macam penyebab timbulnya penyakit. Bahkan tingkat kecantikan dan kesejukan aura wajah Anda pun akan bertambah kalau tubuh selalu cukup dengan asupan air bersih.

8. Mandi pagi hari dan gosok gigi.
Semua orang tau dengan kedua saran ini , banyak yang mendukung faktor tersebut. Logikanya , orang yang mandi pagi maka akan segar tubuhnya dan fikirannya. Dengan begitu , ia akan siap menghadapi siuk-biuk kehidupan pada hari tersebut.

B. Pola Hidup Sehat Batin

1. Periksa kesehatan relasi sosial.
Apakah relasi kau dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana dengan relasi dengan rekan kerja atau atasan? Semua ini dapat berdampak besar kepada kesehatan pikiran , jiwa , dan tentu saja tubuh. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat kau merasa nyaman dan bahagia.

2. Kurangi stres.
Stres yaitu hal yang tidak terhindarkan. Namun Anda dapat berguru mengelolanya dengan merencanakan aneka macam hal supaya tidak ada yang terlupa , mengambil waktu untuk relaks dan melaksanakan hobi , atau melaksanakan yoga atau meditasi. Mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri juga dapat membuat jiwa lebih tenang.

3. Hindari nafsu amarah.
Banyak survei penelitian yang mangungkapkan besarnya pengaruh kesehatan dari peranan hati dalam menjaganya supaya tetap hening , hambar dan selalu konkret tingking. Hati yang selalu dipenuhi iri , dengki , amarah , dendam dan tidak senang dengan kebahagian orang lain bisa dipastikan pemilik hati tersebut jarang bertahan hidup lebih lama akhir banyaknya penyakit.

4. Konsistensi tinggi dalam konkret tinking.
Kedisiplinan dalam menjaga teladan fikir juga sangat kuat pada kestabilan tubuh kita. Jika seseorang mudah terjebak dalam fikiran negatif , maka hal negatiflah yang akan selalu didekatnya. Kekuatan teladan fikir tidak hanya dapat mengasah kemampuan kepintaran saja , tubuh dan kecantikan juga akan sangat terbantu olehnya.

Akhirnya hingga juga ke penghujung ulasan singkat namun banyak manfaatnya ini , semoga apa yang Anda keluhkan semua terjawab. Jika ada pertanyaan seputar teladan hidup sehat ini , silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar